Sabtu, 01 Oktober 2011

Wawancara Yang Profesional

Untuk mengikuti wawancara dalam suatu perusahaan, setiap kandidat agar   dapat diterima di perusahaan tersebut, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, dan tidak boleh dilanggar. Bukan saja gelar dari universitas terbaik , pengalaman pekerjaan Anda sebelumnya dan  surat rekomendasi yang banyak , yang menjamin seseorang akan diterima dalam suatu perusahaan.   Hal yang sangat penting dan tidak boleh dilupakan agar hasil  penilaian wawancara dapat maksimal, adalah  perilaku, cara berpakaian dan kesopan santunan yang  juga mempengaruhi nilai diterima atau tidaknya seseorang dalam suatu perusahaan. Sebab bila seseorang interview untuk mencari pekerjaan di salah satu Perusahaan , sama artinya dia sedang menjual dirinya kepada Perusahaan agar membeli dirinya. Bagaimana mungkin Perusahaan akan membeli atau menerima kandidat karyawan yang minus penampilan dan sikapnya ?

Berikut adalah beberapa poin yang sangat penting untuk diperhatikan :

* Cara berpakaian dalam berwawancara:
 Dalam dunia sekarang ini dimana bisnis harus  profesional , Anda harus benar-benar pandai memilih pakaian professional yang Anda kenakan saat interview. Mungkin tidak perlu membeli pakaian yang mahal, namun Anda cukup pandai untuk memakai secara professional. Sebab cara berpakaian seseorang juga mencerminkan karakter seseorang. Ketika seorang pewawancara melihat orang yang diinterview berpakaian dengan berantakan, dengan kombinasi warna yang tidak pas, tidak berdandan atau berdandan yang terlalu kinclong seperti ke pesta, pastilah ini pemandangan yang tidak menyenangkan bagi pewawancara.

*Waktu kedatangan:
 Tepat waktu.  Datang  terlambat akan mengurangi nilai  interview Anda, tapi tiba terlalu cepat  juga bisa mempengaruhi hasilnya. Ketika Anda hadir  lebih dari sepuluh menit di depan janji Anda, atau dengan kata lain Anda datang terlambat  berarti Anda mengganggu waktu pewawancara dengan  kegiatan lainnya. Jadi lebih baik datang sebelum dari waktu yang seharusnya dijanjikan, hal ini sederhana namun sangat penting, menunjukkan tanggungjawab Anda.

*Memeriksa lokasi:
 Pastikan Anda sudah mengetahui dengan jelas, dimana lokasi Anda harus interview . Juga Anda harus mengetahui berapa lama waktu Anda mencapai tempat atau lokasi tersebut.  Janganlah Anda menjadi terlambat, hanya karena Anda salah memperhitungkan waktu untuk sampai ke lokasi, akhirnya Anda tidak diterima , karena kecerobohan Anda sendiri.

*Ucapan Greetings kepada Pewawancara :
Bagaimana memulainya: Lakukan kontak mata, tersenyum dan mengulurkan tangan Anda segera. Kata-kata pertama keluar dari mulut Anda harus "terima kasih" dan nama pewawancara.  Hal yang sangat penting dilihat oleh Pewawancara, pada saat awal bertemu adalah saat greetings ini. Janganlah saat diwawancara, kepala dan dan mata Anda selalu tertunduk atau kemana-mana, ini menunjukkan etika yang tidak baik, yaitu kurang sopan dan tidak percaya diri. Inilah yang harus benar-benar diperhatikan , dan mempengaruhi image selanjutnya kepada Anda.  Kesan pertama itulah yang menempel kepada pikiran pewawancara .

*Tempat duduk:
 Sebelum ditawarkan untuk duduk oleh pewawancara, janganlah Anda duduk. .  Jika Anda diberi pilihan antara sofa dan kursi lurus, memilih kursi. Anda mungkin tidak nyaman, tetapi Anda akan terlihat lebih profesional.

*Tengah Interview:
Saat  interview,  usahakanlah Anda , menjawab semua pertanyaan dengan tegas, lugas, apa adanya, tidak usah menjawab dengan grogi dan ketakutan kepada pewawancara. Fokuskan pikiran Anda kepada pertanyaan yang diajukan. Jawablah dengan tenang. Sebab saat kita grogi atau ketakutan dan panic, maka semua pertanyaan yang diajukan , kita kurang bisa menjawab dengan baik, dan akan mempengaruhi hasil interview secara otomatis.
Selain itu Anda harus menjawab pertanyaan dengan bahasa yang resmi dan sopan untuk didengarkan oleh pewawancara.

*Akhir Interview:
Ketika wawancara selesai, dengan wajah tersenyum dan sopan  berterima kasihlah kembali kepada pewawancara dengan menggunakan  nama dan berjabat tangan.

Sekali lagi, bukan gelar yang Anda miliki , Lulusan Universitas manakah Anda atau pengalaman-pengalaman kerja Anda saja yang diperhatikan dan mempengaruhi lulus tes masuk suatu perusahaan, namun etika dalam berwawancara sangat penting dan mempengaruhi.

Beberapa point diatas sepertinya sederhana, namun apabila ini dijalankan oleh setiap kandidat yang akan interview di perusahaan, akan mempengaruhi nilai interview seorang karyawan. Hal yang sepertinya sederhana, namun memberi arti bagi masa depan karir Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar