Sabtu, 01 Oktober 2011

Kedisiplinan Karyawan, Tanggung Jawab Seorang HRD

(Vibizmanagement – HR) - Di dalam suatu perusahaan, memang seorang HRD memiliki peranan penting di dalam memajukan karyawannya. Seorang HRD memang adalah seseorang yang juga harus mampu untuk memotivasi karyawannya, namun juga harus mampu untuk mendisiplinkan karyawannya.

Sebenarnya, tugas seorang HRD itu sama seperti seorang guru, yang membimbing murid-muridnya dengan penuh kasih sayang, namun juga harus bisa bersikap tegas dan juga berani mengambil tindakan ketika karyawannya melakukan kesalahan. Ketegasan seorang HRD dalam menegakkan disiplin dan juga kemampuannya untuk mengembangkan potensi karyawan, memang merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh seorang HRD di dalam menjalankan tugasnya.

Dalam menegakkan kedisiplinan, memang harus dimulai dari hal-hal kecil terlebih dahulu, seperti memperhatikan kedisiplinan dalam absensi, kedisiplinan dalam mematuhi peraturan yang ada di kantor, dan juga hal-hal lainnya. Selain itu, tugas seorang HRD harus mampu  untuk menanamkan nilai-nilai perusahaan dengan baik dan benar sampai karyawan memiliki kebanggaan bekerja di dalam perusahaan tersebut.

Mungkin saja, di dalam menegakkan kedisiplinan, seorang HRD tidak selamanya disukai oleh karyawan. Ada kalanya karyawan yang memiliki nilai yang lain tidak menyukai kedisiplinan yang ditanamkan oleh HRD tersebut. Akan tetapi, sama seperti seorang guru, seorang HRD memang harus sanggup menjadi motivator yang tepat untuk perkembangan karyawan, namun disisi lain harus sanggup menjadi orang yang menegakkan disiplin dalam perusahaan tersebut. Karena tujuan perusahaan akan tercapai jika memiliki karyawan yang disiplin dan menjunjung nilai-nilai perusahaan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar