Sabtu, 01 Oktober 2011

Mengembangkan Kemampuan Karyawan

Setiap tahun biaya operasional perusahaan bertambah, biaya gaji karyawan naik, jika tidak disertai kenaikan penjualan maka keuntungan perusahaan menjadi menurun. Dengan menurunnya profit perusahaan biasanya akan terjadi pemangkasan pengeluaran atau cost cutting termasuk biaya training bagi karyawan. Sementara training-training sangat diperlukan bagi peningkatan kualitas kerja karyawan. Sehingga sekalipun ditengah situasi sulit kualitas kerja karyawan tidak boleh menurun. Jika tidak diantisipasi ditengah situasi yang sulit maka yang terjadi adalah kemampuan karyawan kurang dan semangat kerja menurun berdampak pada hasil produktivitas pun menjadi semakin turun.

Karena itu HRD harus dapat mengantisipasi keadaan yang seperti ini dengan membuat program pelatihan yang murah dan berkualitas. Dimulai dengan mencari karyawan yang berpotensi atau bisa dari karyawan yang senior mereka lah yang memberikan pelatihan kepada karyawan baru atau karyawan yang lebih junior.

Selain HRD dapat membuat training inhouse di dalam kantor, lakukan juga coaching bagi karyawan supaya dapat mengeksplore kemampuan yang ada dan mengembangkannya. HRD upayakan mengubah paradigma karyawan untuk selalu mau mengembangkan kemampuannya.

Seringkali karyawan selalu menuntut kenaikan gaji yang melebihi budget perusahaan tetapi jika pemasukan perusahaan tidak mengalami peningkatan maka apa yang akan diberikan lebih kepada para karyawan. Hal ini dapat diberikan transparan kepada karyawan, jika menuntut lebih pemasukanpun harus bertambah, ajaklah karyawan untuk memberikan masukan bagi peningkatan pemasukan. Sehingga termotivasi untuk berkembang dan berupaya memajukan perusahaan yang akan berdampak bagi kesejahteraan mereka juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar