Sabtu, 01 Oktober 2011

Menghargai Waktu

Disamping manusia sebagai salah satu sumber daya, kali ini kita share tentang satu sumber daya lainnya yaitu waktu. Seberapa pentingkah sumber daya ini bagi setiap orang ? seberapa besarkah orang menganggap pentingnya waktu ini untuk dimiliki dan digunakan dengan sebaik-baiknya ?

Sejak manusia dilahirkan di muka bumi ini, setiap manusia sudah diberikan modal untuk hidup. Tanpa waktu, sudah jelas manusia tidak mungkin bisa hidup. Tanpa waktu, tidak ada yang daapt dilakukan oleh siapapun, walaupun begitu brilyan ide yang hendak dituangkan. Tanpa waktu, tidak ada kesuksesan yang dapat diraih.

Dengan pemikiran di atas, apakah waktu itu berharga dan akhirnya digunakan dengan efektif. Saya setuju dengan penyataan bahwa waktu merupakan salah satu sumber daya yang berharga yang diberikan Sang Pencipta bagi umat manusia. Waktu yang diberikan sama bagi setiap orang yaitu 24 jam sehari.

Persoalan yang sering kali kita dengar bahwa ada sebagian orang yang mengatakan betapa sedikitnya waktu yang mereka miliki. Mereka mengeluh seakan diburu dengan waktu untuk menyelesaikan target pekerjaan misalnya. Ada yang mengeluh ada juga yang tidak demikian, mereka terus menggunakan waktu yang ada 24 jam sehari ini untuk bekerja dengan sebaik-baiknya. Jika dibandingkan, ada yang mengeluh ada yang tidak, apakah Tuhan pilih kasih dan membeda-bedakan manusia saat memberikan waktu ? kita semua tahu jawabannya.

Beberapa hari yang lalu saya membaca sebuah email yang dikirimkan oleh rekan saya dan saya senang dengan apa yang disharekan tersebut. Membuat kita merenungkan satu kata waktu. Kira-kira demikian isi email tersebut :

Berapa Harga waktu 1 Tahun?
“tanyakan pada orang yang gagal ujian akhir”

Berapa harga waktu 1 bulan?
“tanyakan pada ibu yang melahirkan bayi prematur”

Berapa harga waktu 1 minggu?
“tanyakan pada para redaktur majalah mingguan”

Berapa harga waktu 1 hari?
“tanyakan pada seorang buruh dengan 6 orang anak”

Berapa harga waktu 1 jam?
“tanyakan pada dokter yg buka praktek di sore hari”

Berapa harga waktu 1 menit?
“tanyakan pada orang yg ketinggalan kereta”

Berapa harga waktu 1 detik?
“tanyakan pada orang yang baru saja selamat dari kecelakaan”

Berapa harga waktu 1 milli detik?
“tanyakan pada juara perak seorang pelari”

Se milli detik, sedetik, semenit, sejam, sehari, seminggu, sebulan, semuanya memberikan arti penting. Menghargai waktu berarti mendekatkan pada kesuksesan.

Memiliki prioritas adalah salah satu cara kita menggunakan waktu kita. Tahu bagaimana mengelola waktu yang ada dengan efektif. Ini adalah kunci sukses bagi kita untuk bekerja dan berkembang karirnya. Time management sudah menjadi kebutuhan yang tidak dapat ditunda-tunda, jika ingin meraih dan mendekatkan pada tujuan/kesuksesan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar